22/01/12

Pengertian dan Manfaat Internet

Our store www.panji14blogspot.com is associate Amazon store. We have right to sell all Amazon products through our online store and 30 days moneyback guarantee. Just make sure when you checkout, &it will directly go to Amazon checkout page.
Pengertian internet 
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi sangat lah pesat .kehadiran internet telah menyentuh berbagai kehidupan manusia mulai dunia bisnis ,kedokteran,penelitian,pendidikdn,tukar menukar informasi bahkan mengirimkan file dalam jumlah besarpun relative mudah dilaksanakan.

Internet mempunyai banyak definisi tergantung dari mana kita memendangnya  dari sudut teknis internet adalah jaringan computer dunia yang meliputi jutaan computer , computer computer tersebut bias saling bertukar informasi . dari segi ilmu pengetahuan , internet adala perpustakaan besar(virtual library= perpustakaan maya ) yang di dalamnya terdapat jutaan bahkan sampai milyaran artikel,buku, jurnal,kliping,foto dan lain lain dalam bentuk media elekronik.orang bias berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dari mana saja Bagi yang suka berbelanja internet merupakan shooping center terbesar di dunia kita dapat berbelanja dimana saja dan kapan saja dengan fasilitas kartu kredit.

Jadi internet adalah sebuah jaringan dunia luas dari computer yang lazim di sebut dengan world wide network secara singkat dapat diartikan bahwa internet adalah sumber informasi dan alat komunikasi

Persyaratan teknis yang diperlukan dalam menjalankan program internet
Supaya dapat menjalankan program internet  maka diperlukan perangkat sebagai berikut:
1.seperangkat PC(minimal P3) 1200Mhz
 2.sistem operasi misalnya windows (2000/xp/7 )
3.modem(modulator de modulator yang telah terinstall di computer
4.program internet misalnya : internet explorer, mozila firefox, google chrome dll
5. mendaftarkan diri ke ISP ( perusahaan penyedia layanan internet) 

Manfaat internet
Banyak sekali yang kita lakukan di internet . berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan di internet :

1.Berkirim surat (e-mail)
Kita dapat mengirim surat surat ke orang lain dimana saja asalkan mereka memiliki akses internet kita pun dapat menerima e-mail dari siapa saja , dengan berkembangnya web browser maka berkembang fasilitas untuk mengakses e-mail via web browser misalnya : yahoomail,hotmail,gmail dll.
Berkaitan dengan email ini ada fasilitas yang di sebut mailing list  (milis ) yaitu sebuah program yang dapat menyebarkan email dari seseorang anggota milis kepada seluruh anggota milis tsb. Milis terbentuk karena ada sekumpulan orang yang berlatar belakang sama , mempunyai hobi dan minat yang sama . contoh milis gratis ialah yahoo groups.

2. mengakses informasi
Internet adalah gudang informasi . dengan demikian salah satu hal dasar yang dapat kita lakukan adalah mengakses informasi . kita bias mendapat kan informasi apasaja informasi bias berupa teks,gambar,video maupun file file computer. Untuk membantu mendapatkan informasi ini telah tersedia situs web yang derfungsi sebagai mesin pencari ( search engine) yang memudahkan dalam pengguna untuk mencari informasi.

3.Download / upload file
Kita  dapat mengambil file dari computer lain (download) atau mengirim file ke computer lain (upload )
Misalnya kita membutuhkan program anti virus terbaru , maka kita cukup mengakses situs web yang menyediakan antivirus misalnya McAffee,Avira dll. Jenis file lain yang dapat kita download misallnya Driver computer dan berbagai software lain yang bias di download secara gratis (freeware) atau pun kita harus membayar terlebih dahulu (shareware).

4. chatting
Satu fasilitas yang mengasikan di internet adalah ngobrol atau bahasa inggrisnya chatting . chatting di internet tidak menggunakan suara tetapi dengan magnetic chatting dapat mengasikan apabila banyak orang yang tergabung dalam suatu diskusi fasilitas untuk chatting misalnya mIRC,ICQ dsb selain itu juga tersedia internet phone yang memungkinkan kita berbicara / menelepon dan melalui internet juga kita dapat bertatap muka dengan orang lain di seluruh dunia (video conference) keuntungan dari video conference adalah biayanya yang murah karena pulsa yang akan di tanggung adalah pulsa local.

5. bermain game
Melalu internet juga kita bias bermain game dan beradu dengan orang lain dari berbagai penjuru dunia.

Tidak ada komentar: