17/01/12

Pengertian Prosesor dan Fungsinya

Our store www.panji14blogspot.com is associate Amazon store. We have right to sell all Amazon products through our online store and 30 days moneyback guarantee. Just make sure when you checkout, &it will directly go to Amazon checkout page.
Prosesor 
Prosesor sering disebut juga  sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya.Prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system computer dan digunakan sebagai otak atau pusat pengendali yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.Prosesor terletak pada soket yang terdapat pada mainboard dan dapat diganti dengan prosesor yang lain asalkan sama dengan soket yang ada pada mainboard.Prosesor mempunyai banyak merk yang beredar dipasaran diantaranya: AMD,Intel,Apple,Cyrix,VIA,IBM,dan IDT.
Gambar 7. Jenis prosesor
Bagian yang terpenting dari prosesor dibagi menjadi 3 yaitu:
1.      Control Unit (CU).
2.      Memori Unit (MU).
3.      Aritcmatics Logical Unit (ALU)
     Unit kontrol
Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.Bila ada instrikasi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika,maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU.Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan dan pada saatnya disajikan kea lat output.
Tugas dari unit kontrol adalah :
             Mengatur dan mengendalikan alat – alat input dan output.
          Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
      Mengambil data dari memori utama ( jika diperlukan ) untuk diproses,mengorim instruktur ke ALU bila  ada perhitungan aritmatika atau perdandingan logika serta mengawasi kerja ALU .
      Menyimpan hasil proses ke memori utama.

Memori unit
Merupakan alat penyimpanan kecil yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses.Memori ini bersifat sementara biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk  pengolahan selanjutnya.
Secara analogi memori unit ini dapat diibaratkan sebagai ingatan diotak kita yang memiliki ingatan-ingatan,satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan menpunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika .
Aritcmatics Logical Unit
Unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasarkan instruksi yang ditentukan .ALU sering disebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian yaitu unit aritmatika dan unit logika Boolean yang masing-masimg memiliki spesifikasi tugas sendiri.Tugas utama ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika)yang terjadi sesai dengan instruksi program.ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu yaitu sama dengan (=),tidak sama dengan (‘),kurang dari(<),lebih besar dari(>). 
Fungsi  prosesor
Fungsi Prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukan (input) yang seterusnya akan menghasilkan keluaran (output).Pada waktu prosesor memperoses data ,prosesor juga akan terhubung dengan komponen computer yang lain , terutama Hardisk dan RAM.




Tidak ada komentar: