15/01/12

Pengertian hardisk

Our store www.panji14blogspot.com is associate Amazon store. We have right to sell all Amazon products through our online store and 30 days moneyback guarantee. Just make sure when you checkout, &it will directly go to Amazon checkout page.
Harddisk (Cakram Keras)
Harddisk atau haddisk drive disingkat dengan HDD adalah sebuah perangkat keras yang bertugas untuk menyimpan dari dan berisi piringan magnetic.Harddisk pertama kali diciptakan oleh IBM,Reynold Johnson di tahun 1956.Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0-6 mater)dengan kecepatan rotasinya mencapai 1200rpm (rotation per minute)dengan kapasitas penyimpanan 4,4MB.Harddisk jaman sekarang sudah ada yang hanya seledar 0,6cm dengan kapasitas 750GB, kapasitas terbesar harddisk saat ini mencapai 3TB dengan ukuran standart 3,5 inci
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberikan tegangan listrik.Dalam sebuah harddisk biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangan kini harddisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar.Harddisk kini juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB atau Firewire, karena sifatnya yanga sangat rapuh dan tidak tahan goncangan bisa dikatagorikan sebagai barang pecah belah. 
tampilan bagian dalam hardisk











Sumber wikipedia

Tidak ada komentar: